5 Tips Belajar Nyetir Mobil Manual Untuk Pemula

belajar nyetir mobil manual

Belajar Nyetir Mobil Manual – Banyak anggapan yang mengatakan bahwa belajar mengendarai mobil manual itu sulit. Pasalnya, menyetir mobil manual membutuhkan skill lebih karena harus menyelaraskan penggunaan tiga pedal mobil. Hal itu juga yang menyebabkan banyak orang yang akhirnya memilih mobil jenis matic. Padahal, belajar nyetir mobil manual itu tidak terlalu rumit. Berikut tips dan cara mudahnya bagi pemula yang sedang belajar menyetir:

5 Tips Belajar Nyetir Mobil Manual Untuk Pemula

1. Kenali Fitur Mobil Manual

Sebelum mulai belajar nyetir mobil manual, pastinya harus kenal fitur mobilnya. Fitur penting yang harus diketahui adalah tiga pedal yang terdiri dari rem, gas, dan kopling. Saat menyetir mobil manual, kedua kaki pengemudi harus bekerja seirama dalam mengoperasikan tiga pedal ini. Pedal yang berada di kaki kiri adalah pedal untuk kopling. Sementara pedal pada bagian tengah adalah rem. Pedal yang berada pada sebelah kanan adalah pedal gas.

Selain itu, pengemudi harus mengenali posisi gigi pada mobil manual. Gigi pada mobil manual terdiri dari 5 posisi yang masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda. Fitur lain yang mendukung pada mobil adalah tuas persneling mobil, tombol lampu sein, klakson, dan lain-lain.

2. Ketahui Cara Menyalakan Mesin

Jangan sampai sembarangan dalam menyalakan mesin mobil manual. Cek apakah posisi tuas transmisi mobil sudah dalam posisi netral. Jika sudah, putar kunci kontak untuk mulai menyalakan mobil. Saat mobil sudah menyala, barulah mobil digunakan. Tekan pedal gas secara pelan dan terkontrol untuk menjalankan mobil. Ingat, Jangan sampai salah mengidentifikasi ketiga pedal yang ada di kaki ya.

Baca Juga:  Penyebab Oli Power Steering Bocor Pada Mobil

3. Beradaptasi untuk Menggunakan Gas dan Kopling

Bagian yang paling penting dalam belajar nyetir mobil manual adalah menggunakan gas dan kopling dengan tepat. Pasalnya, hal yang banyak dikeluhkan pengguna mobil manual adalah mesin mobil kerap mati sendiri. Hal itu seringkali terjadi karena pengguna tidak terbiasa melepas kopling dengan gas secara tepat.

Biasakan untuk mengendalikan kopling dan gas dengan seirama. Ketahuilah saat yang tepat untuk melepaskan kopling dan menginjak gas saat menyetir mobil manual. Kebanyakan pemula membuat kesalahan seperti menginjak pedal gas berlebihan tapi tidak tepat melepas kopling. Jika pedal gas diinjak kuat tapi kopling belum terangkat, suara mesin akan terdengar berat. Injak gas pelan-pelan sembari melepas kopling dengan perlahan pula.

Baca juga : Knalpot Racing Yang Tidak Merusak Mesin Motor

4. Pilihlah Tempat Latihan yang Aman

Pilihlah lokasi sepi dan luas seperti lapangan dan jalan yang tidak banyak orang lewat. Apalagi kalau baru pertama kali belajar. Selain menghindari resiko membahayakan pengguna jalan lain, lokasi sepi membuat pengemudi dapat lebih berkonsentrasi.

Melatih skill berkendara di jalan sepi juga akan membiasakan diri untuk menyetir di jalan nantinya. Latihlah terus keterampilan untuk menyetir mobil manual di tempat sepi secara konsisten. Apabila sudah lebih lancar, baru dapat mulai menyetir di jalanan yang lebih besar.

5. Berlatih Didampingi Orang yang Ahli Menyetir Mobil

Sebagai driver pemula, jangan sampai belajar nyetir mobil manual sendiri. Mobil merupakan kendaraan besar yang berbeda kendalinya dengan sepeda motor. Apabila berlatih sendiri dan belum tahu dasarnya, bisa jadi beresiko mencelakakan diri sendiri atau orang lain di jalan.

Orang yang sudah ahli akan membantu mengajarkan dasar penting untuk belajar nyetir. Bahkan, ada juga yang membagikan tips berkendara yang dapat diikuti saat belajar.

Baca Juga:  5 Tips Memilih Knalpot Racing Yang Tidak Merusak Mesin Motor

Nah itulah 5 tips belajar nyetir mobil manual untuk pemula yang dapat dicoba. Kunci dari belajar menyetir mobil manual adalah konsisten dan rajin berlatih. Apabila rajin berlatih, skill mengendarai mobil manual akan lebih terasah dan cepat bisa. Selamat mencoba.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *