Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor, Dijamin Menyala Kembali

cara memancing aki mobil yang tekor

Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor – Aki mobil yang tekor menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu. Mengingat aki ini untuk menyalakan mesin, sehingga ketika aki bermasalah maka mesin tidak menyala dan mobil tidak berjalan. Nah, ketika terjadi seperti ini pemilik mobil perlu memancingnya agar mobil bisa berjalan kembali. Berikut ada beberapa cara memancing aki mobil yang tekor:

Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor, Dijamin Menyala Kembali

1. Memancing Aki Tekor dengan Mendorong Mobil

Pertama, cara memancing aki mobil dengan mendorongnya. Namun, tentunya ketika akan menggunakan car aini, baiknya pastikan ada orang yang akan mendorong. Baik itu dari penumpang maupun dengan bantuan orang lain.

Tidak harus melibatkan orang banyak, hanya dua atau tiga orang dewasa saja cukup. Jika sudah siap untuk mendorong, sopir diharuskan memasukkan transmisi gigi pada posisi 1 atau 2. Ketika, sopir memasukan gigi pada posisi satu, hal itu akan lebih berat ketika didorong.

Tetapi, karena mesin berputar lebih cepat maka dari itu, mesin akan menyala walaupun mobil hanya didorong secara lamban. Namun, kembali lagi ketika dirasa terlalu berat pada  pendorong, sopir dapat menaikan gigi menjadi posisi 2. Itu akan menjadikan lebih ringan ketika didorong. Pastikan ketika didorong, kontak dalam keadaan ON.

Baca juga : Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor

2. Memancing Aki Tekor di Mobil Manual

Apabila terjadi aki tekor pada mobil manual juga menggunakan dorongan. Sama seperti cara awal hanya saja disini menggunakan gigi pada posisi tiga atau empat. Ketika semua orang telah siap untuk mendorong, pastikan sopir telah memposisikan gigi ke tiga atau empat. Kemudian, sopir menginjak pedal kopling dengan kuat dan penuh.

Jika sudah, sopir bisa memberikan aba-aba kepada pendorong untuk memulai mendorongnya. Karena, posisi gigi tiga atau empat, itu akan membuat mobil lebih ringan untuk berjalan. Jadi, doronglah dengan kuat dan juga cepat selama kurang lebih mencapai jarak 5 sampai 10 meter.

Apabila, sudah mencapai jarak dirasa cukup, maka sopir bisa melepas kopling secara perlahan. Kemudian, coba untuk hidupkan, panaskan mobil biarkan tetap menyala tanpa melaju selama 20 menit. Tujuannya, agar mobil mengisi kembali aki yang telah habis.

Baca juga : Belajar Nyetir Mobil Manual

3. Memancing Aki Tekor dengan Jumper

Terakhir, cara memancing aki mobil yang tekor adalah menggunakan jumper. Cara ini cukup mudah, tidak perlu mendorong mobil. Namun, sebagai gantinya harus ada bantuan dari mobil yang memiliki aki yang masih bagus. Selain itu, membutuhkan satu set kabel jumper yang terdiri dari kabel positif dan masa baterai. Berikut Caranya:

  • Setelah mendapat bantuan mobil yang memiliki aki bagus.
  • Maka, selanjutnya buka kap mesin pada kedua mobil.
  • Kemudian hubungkan dua aki mobil tersebut menggunakan sambungan paralel. Dimana terminal positif maka dengan positive dan terminal negative dengan negative
  • Lalu, matikan semua piranti seperti lampu, audio, dan juga AC.
  • Selanjutnya, nyalakan kembali mobil seperti biasa.
  • Ketika sudah menyala, lepas kabel jumper yang terpasang tadi secara perlahan.
  • Lalu, tetap menyalakan mobil hingga kurang lebih 15 menit, agar mesin dapat mengisi aki tekor.

Perlu diperhatikan, pastikan aki kedua mobil memiliki tegangan yang sama. Selain itu, ketika memancing aki tekor dengan jumper pada mobil matic, maka mobil pada posisi mode parkir. Hal itu, untuk menjaga keamanan dari pengendara ataupun yang lainnya.

Itulah tadi, beberapa cara memancing aki mobil yang tekor. Jadi, ketika mobil mengalami aki tekor bisa ikuti cara-cara di atas dengan baik, agar mobil dapat berjalan kembali dengan normal. Setelah itu, pemilik mobil bisa mengeceknya ke bengkel agar aki tekor tidak terjadi lagi.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.