5 Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor Yang Wajib Dicoba

cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor

Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor – Banyak pemilik mobil yang memasang perangkat audio untuk alasan kenyamanan. Memang hiburan dari audio mobil membuat berkendara menjadi lebih nyaman. Namun sayangnya, banyak pemilik mobil yang salah dalam meng-upgrade audio mobilnya. Salah pasang ini menyebabkan masalah baru, misalnya aki mobil menjadi tekor. Perhatikan cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor di bawah ini agar pemasangan audio mobil tidak bermasalah:

5 Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor Yang Wajib Dicoba

1. Ganti Alternator yang Lebih Besar

Memasang audio mobil berlebihan dapat menyebabkan aki, alternator, dan dinamo ampere bekerja keras. Hal itu dikarenakan memasang perangkat tambahan berarti menambah beban kelistrikan pada mobil. Pabrik mobil pastinya sudah memperhitungkan daya kelistrikan untuk setiap mobil yang diproduksi. Tentunya daya ini tidak dipersiapkan untuk penambahan aksesoris lain seperti perangkat audio.

Oleh karena itu, alternatif solusinya adalah mengganti alternator listrik yang lebih besar dayanya. Alternator ini berfungsi untuk mengisi daya pada aki. Sehingga, pasokan daya listrik untuk mobil dapat tercukupi.

2. Pastikan Kabel Audio dalam Kondisi Bagus

Kabel diperlukan untuk menyambungkan perangkat audio ke aki mobil. Oleh karena itu, Pastikan kabelnya berkualitas terbaik. Jangan sampai kabelnya sudah dalam kondisi koyak atau terkelupas.

Baca juga : Belajar Nyetir Mobil Manual

Kabel yang kurang bagus akan membuat aki bermasalah dan tekor. Apabila kabel terkelupas parah, bisa jadi kabel ini dapat menyebabkan terjadinya korslet. Selain itu, suara yang dihasilkan juga menjadi tidak bagus. Pastinya akan mengurangi kenyamanan pengemudi saat berkendara.

Baca Juga:  5 Tips Belajar Nyetir Mobil Manual Untuk Pemula

3. Pasangkan Power Amplifier

Menggunakan power amplifier dapat menjadi salah satu alternatif cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor. Perangkat power amplifier ini tidak butuh daya secara konstan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan kabel speaker atau subwoofer terpasang rapi.

Pastikan sambungannya pun ditutup rapi dengan isolasi. Selain itu, pilih kabel yang sesuai dengan daya yang dibutuhkan dan jauhkanlah antara kabel power supply dengan kabel signal.

4. Pastikan Sambungan Kabel ke Sumber Listrik Terpasang Rapi

Pastikan sambungan kabel dari perangkat audio ke kepala aki terpasang rapi dan tidak bertumpuk. Tata kabel-kabel itu satu persatu agar tidak berantakan. Bila ada kabel yang harus dipotong, tutup ujungnya dengan isolasi khusus. Hal ini bertujuan untuk mencegah korsleting yang berbahaya.

Baca juga : Knalpot Racing Yang Tidak Merusak Mesin Motor

Alternatif yang lebih baik adalah memasang sekring terpisah. Sekring terpisah ini dapat memperkecil resiko konsleting arus pendek. Pasalnya, sekring berfungsi untuk memutuskan aliran listrik saat terjadi korsleting. Selain itu, sekring ini pun dapat mengamankan perangkat audio dari bahaya korslet.

5. Tambahkan Speaker dan Pasang Subwoofer

Selain menambah kualitas audio, memasang speaker tambahan dan subwoofer dapat membuat aki tidak tekor. Perangkat tambahan ini harus direkatkan dengan baik dengan struktur inti mobil. Opsi paling aman adalah dibautkan dengan body mobilnya. Bila perlu, buatlah dudukan baru yang kaki perangkatnya melekat di body mobil.

Apabila hanya merekatkan speaker dan subwoofer dengan selotip biasa, perangkat tidak melekat sempurna. Daya lekat selotip juga dapat berkurang karena panas dan rembesan air. Bahkan saat berkendara, perangkat yang direkatkan dengan selotip dapat beresiko jatuh atau terbang. Tentunya akan sangat berbahaya bagi penumpang mobil saat berkendara. Maka dari itu, jadikan keselamatan sebagai prioritas utama.

Baca Juga:  Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor, Dijamin Menyala Kembali

Nah itulah dia cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor. Selalu perhatikan kapasitas daya listrik mobil sebelum menambahkan perangkat baru seperti audio. Apabila masih ada masalah terkait aki tekor, segera periksakan ke bengkel terdekat. Bisa jadi ada penyebab lainnya selain dari perangkat audio yang menyebabkan aki tekor.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.