5 Tips Fashion Ala Santriwati, Modis Tapi Tetap Islami

fashion ala santriwati

Fashion Ala Santriwati – Siapa bilang santriwati tidak bisa tampil modis dan fashionable, kini banyak pakaian muslim yang mengikuti tren fashion ala santriwati yang modis tapi tetap islami. Jadi jangan khawatir meski sedang menempuh pendidikan di pesantren tapi para santriwati tetap bisa berbusana muslim yang bisa dibilang sangat kekinian.

Banyak pilihan fashion yang bisa digunakan santriwati dalam busana sehari-hari. Satu hal penting yang harus diterapkan adalah meski tampil modis dan mengikuti tren fashion. Tapi busana yang dikenakan tetap harus sepenuhnya menutup aurat. Berikut tips fashion ala santriwati yang bisa dijadikan referensi:

5 Tips Fashion Ala Santriwati, Modis Tapi Tetap Islami

1. Pilih Busana Atasan yang Menutup Pinggul Kebawah

Sebagai seorang santriwati dalam memilih pakaian tentu yang pertama adalah harus yang bisa menutup aurat. Cobalah pilih busana atasan yang menutup area pinggul kebawah. Pilihannya bisa menggunakan variasi tunik atau blouse-blouse ukuran panjang yang menutup pinggul agar aurat tertutup sempurna.

Ketika ingin membeli atasan dengan model lengan yang lebar, agar area tangan tidak terlihat bisa menambahkan handsock atau deker agar lengan bisa tertutup tapi santriwati bisa tetap tampil modis. Pilih atasan yang berbahan agak tebal tapi tetap nyaman digunakan, hindari pemilihan bahan yang terlalu tipis dan menerawang.

2. Mix and Match Bawahan dengan Atasan

Tips fashion ala santriwati berikutnya adalah cobalah lakukan mix and match antara atasan dengan bawahan. Mix and match bisa dimulai dari pemilihan warna. Misalnya pilihan warna atasan sudah dengan warna terang bisa dipadukan dengan bawahan (rok) berwarna gelap atau netral seperti warna hitam atau coklat.

Baca Juga:  5 Pakaian Fashion Anak SMP Berhijab Paling Keren Tahun 2022

Jangan lupa selalu digunakan celana panjang tambahan (celana panjang rangkap) ketika menggunakan rok atau gamis. Hal ini penting agar aurat tetap terjaga jika sewaktu-waktu rok atau gamis tersibak karena adanya hembusan angin yang cukup kencang ketika sedang sibuk beraktifitas.

3. Pilih Dress yang Simple Namun Elegan

Saat ini ada banyak sekali pilihan dress bagi wanita muslim yang bisa digunakan para santriwati. Ada beragam dress dengan motif unik, kekinian dengan gambar-gambar simple tapi menarik dan pilihan warna yang bervariasi.

Baca juga : Padu Padan Celana Garis Garis

Cobalah pilih dress yang nyaman dikenakan untuk kegiatan sehari-hari dengan motif yang lebih simple tapi tetap terkesan elegan. Santriwati bisa memilih dress warna pastel dengan motif yang tidak terlalu mencolok. Bagi santriwati yang bertubuh agak gemuk hindari memilih dress yang memiliki banyak layer di tiap potongannya karena ini akan membuat tubuh terlihat semakin gemuk.

4. Pilih Jilbab Bermotif

Fashion muslimah yang tidak boleh terlewatkan adalah padu padan jilbab dalam berbusana, jilbab sebagai penentu akhir setelah memadupadankan atasan dan bawahan penentu akhir agar pakaian semakin modis terletak pada pemilihan jilbab. Pilihlah jilbab yang matching dengan pakaian yang akan digunakan.

Jika pakaian atasan dan bawahan yang digunakan adalah pakaian yang cukup polos tanpa motif bisa ditambahkan dengan menggunakan jilbab bermotif untuk melengkapi gaya berbusana. Pilih jilbab dengan motif-motif seperti garis-garis atau corak bunga di bagian samping atau belakang jilbab. Hal ini akan membuat tampilan semakin modis namun tetap syar’i dan tidak terlihat berlebihan.

5. Tambahkan Ikat Pinggang atau Blazer

Tips fashion ala santriwati yang bisa dicoba adalah menambahkan aksesoris seperti ikat pinggang atau blazer dalam busana yang dikenakan. Ikat pinggang bisa digunakan selain dapat menambah kesan trendi dalam berbusana juga bisa bermanfaat untuk membuat tubuh terlihat lebih ramping.

Baca Juga:  5 Inspirasi Padu Padan Celana Garis Garis Agar Tampil Modis

Penggunaan blazer dalam busana muslim akan menambah kesan elegan dan cocok digunakan untuk menghadiri acara-acara formal. Pastikan ukuran blazer tidak terlalu sempit atau slim fit. Gunakan blazer yang agak longgar agar ruang gerak dalam beraktifitas tidak terganggu.

Itulah 5 tips fashion yang bisa dijadikan referensi para santriwati yang ingin tampil cantik dengan paduan busana muslim kekinian. Tidak selamanya trend fashion adalah sesuatu yang buruk, selama bisa memilih dan menempatkan sesuai dengan ketentuan pakaian muslim yang islami semua bisa saja dilakukan.

Hal penting dalam pemilihan fashion muslim adalah menjaga aurat agar tetap tertutup dan tidak melanggar ketentuan syariat pakaian muslim yang baik dan benar. Kini santriwati dapat mengikuti fashion yang sedang menjadi tren saat ini namun tetap dengan gaya khas fashion ala santriwati.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.