Rangkuman Materi Present Perfect Tense Bisa Kebut Semalam

materi present perfect tense

Materi Present Perfect Tense – Belajar tentang pola kalimat dalam bahasa Inggris memang sedikit rumit jika tidak paham betul mengenai perbedaan pola kalimatnya. Seperti halnya materi present perfect tense dengan past tense keduanya sama-sama membahas tentang masa lampau hanya saja tensesnya berbeda. Pada present perfect tense membahas dengan detail mengenai waktu kejadian peristiwa masa lalu.

Pola kalimat present perfect tense untuk bertanya, menanggapi dengan kalimat positif, kalimat negatif juga memiliki rumus kalimat yang berbeda. Pengguna to be juga akan berbeda tergantung subjek pada kalimat. Sedangkan verb atau kata kerja yang digunakan pada pola kalimat sama lampu menggunakan verb 3. Untuk lebih jelasnya berikut penjabaran materi present perfect tense:

Rangkuman Materi Present Perfect Tense Bisa Kebut Semalam

1. Definisi Present Perfect Tense

Pola kalimat yang menggunakan tenses ini menunjukkan suatu peristiwa yang sudah terjadi pada waktu sekarang. Tetapi, bekas dari peristiwa tersebut masih terlihat. Pola kalimat ini juga menyatakan jika peristiwa tersebut telah selesai atau belum. Waktu peristiwa biasanya tidak begitu ditunjukkan. Penekanan kalimat ini hanya pada peristiwa yang sudah selesai.

Saat berbicara tentang hal yang sudah terjadi atau baru saja terjadi maka pola inilah yang digunakan. Present perfect tense juga bisa sangat mudah dikenali dengan cirinya yang menggunakan verb 3 dan to be yang digunakan. Pola kalimat ini sering muncul pada cerita pengalaman ataupun teks yang membahas tentang masa lalu.

Baca Juga:  Materi PPU UTBK - Tips Belajar dan Mengerjakan Dengan Mudah

Baca juga : Materi SBMPTN Saintek

2. Tujuan Kalimat Present Perfect Tense

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian kalimat present perfect tense diatas tujuan kalimat ini adalah untuk menunjuk jika peristiwa tersebut telah terjadi. Peristiwa yang baru saja terjadi dan masih berlangsung tanpa tahu kapan akan berakhir juga bisa menggunakan pola kalimat ini.

Misalnya orang yang baru saja mengalami suatu peristiwa dan menyebabkan perubahan yang masih terlihat bisa menggunakan kalimat ini. Dengan begitu orang lain akan mengetahui apakah peristiwa tersebut terjadi nanti atau sudah terjadi dan masih berlangsung.

3. Rumus Pola Kalimat Present Perfect Tense

Rumus ini dibagi menjadi dua yaitu rumus untuk kalimat nomina dan verbal. Untuk kalimat verbal positif menggunakan rumus S+have/has+V3. Kalimat negatif rumusnya sama hanya ditambah “not” sebelum verb 3. Untuk menyatakan kata tanya bis menggunakan rumus have/has+S+V3. Penggunaan to be have untuk you, we, they, I dan has untuk it, she, he.

Baca juga : Tips Lolos Ujian Mandiri

Kalimat present perfect tense nomina sebenarnya mirip dengan pola verbal hanya ada penambahan “been” dan kata kerja yang digunakan. Pola kalimat positif dibentuk dengan S+has/have+been+adj/adverb/noun. Untuk kalimat negatif sama saja hanya ditambah “not” sebelum kata “been”. Kalimat tanya dibentuk dengan has/have+S+been+adj/adverb/noun.

4. Penggunaan Present Perfect Tense

Berdasarkan pada pengertiannya pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan kalimat lampu. Penggunaan kalimat ini bisa digunakan pada peristiwa yang terjadi dan masih berlangsung hingga sekarang. Umumnya kalimat akan mengandung kata “for” diikuti jangka waktu atau “since” dan diikuti jangka waktu yang spesifik.

Kalimat lainnya yang menggunakan pola kalimat ini seperti peristiwa yang sudah terjadi dan meninggalkan bekas, cerita pengalaman. Kejadian masa lampau yang meninggalkan efek di masa kini dan pengulangan kejadian masa lalu juga menggunakan present perfect tense. Pada kalimatnya juga akan menyebutkan “ever/never” untuk memperjelas waktu kejadian.

Baca Juga:  5 Tips Fashion Hijab Agar Terlihat Lebih Muda

Sangat mudah bukan mempelajari materi present perfect tense dan mengetahui perbedaannya dari past tense. Meskipun digunakan untuk kalimat masa lalu perfect tense akan menyebutkan waktu yang lebih jelas dengan kata sering muncul pada kalimat. Kunci mengetahui jika kalimat tersebut perfect tense ialah penggunaan verb 3 dan menyebutkan waktu peristiwa yang jelas.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.