Inilah Materi TPS Kuantitatif Yang Harus Dikuasai

materi tps kuantitatif

Materi TPS Kuantitatif – Tes Pengetahuan Skolastik merupakan bagian dari UTBK SBMPTN yang terdiri dari pengetahuan kuantitatif, pengetahuan umum, penalaran umum dan memahami bacaan dan menulis. Oleh karena itu peserta SBMPTN harus menyiapkan diri dengan pengetahuan materi TPS kuantitatif agar dapat mengerjakan ujiannya. Pengetahuan kuantitatif meliputi materi-materi matematika dasar seperti aritmatika, geometri, statistika dan fungsi kuadrat.

Materi-materi tersebut tentu pernah dipelajari ketika SMA sehingga persiapan yang harus dilakukan adalah membiasakan diri menghadapi tipe soal dan memantapkan bagian yang belum sepenuhnya dipahami. Soal-soal TPS kuantitatif memiliki banyak varian tipe soal jika dibandingkan dengan matematika dasar. Sebagai bekal menghadapi Tes Potensi Skolastik kuantitatif, berikut ini materi-materi yang harus dikuasai:

Inilah Materi TPS Kuantitatif Yang Harus Dikuasai

1. Garis dan Program Linear

Soal tes pengetahuan kuantitatif ini biasanya berbentuk soal cerita sehingga untuk menyelesaikannya memerlukan beberapa tahapan. Semua tahapan harus dilakukan agar mudah dalam menjawab pertanyaan yang ada. Berikut ini langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan soal cerita di materi TPS:

  • Ubah soal cerita tersebut menjadi bentuk matematika.
  • Gunakan model matematika untuk membuat pertidaksamaan dan fungsinya.
  • Tentukan grafik menggunakan titik potong grafik.
  • Hitung nilai fungsi berdasarkan titik-titik potong pada grafik.
  • Program linear selesai dikerjakan berdasarkan nilai fungsi.

2. Fungsi

Berupa persamaan atau pertidaksamaan yang memiliki variabel dan konstanta. Dalam suatu soal biasanya akan ditemukan lebih dari satu satu fungsi untuk mencari nilai variabel dalam fungsi tersebut. Materi ini mulai dipelajari sejak SMP hingga peserta tes sudah terbiasa dengan model soalnya.

Soal materi ini jarang yang berbentuk soal cerita kecuali jika dihubungkan dengan bidang fisika. Materi fungsi dibedakan menjadi 3 macam yaitu invers (kebalikan), komposisi (gabungan)  dan fungsi (hubungan). Semakin sering berlatih, materi ini tidak akan terasa sulit dikerjakan.

3. Matriks

Materi ini selalu ada dalam setiap ujian masuk perguruan tinggi negeri. Soal materi TPS kuantitatif ini dapat berupa persegi panjang yang diberi kurung baik kurung biasa maupun kurung siku. Matriks dapat dikaitkan dengan materi matematika dasar lainnya misalnya eksponen atau bentuk akar. Bilangan dalam matriks disebut entri atau elemen, cara menyelesaikan soal-soalnya pun relatif mudah

4. Pola Bilangan

Materi TPS kuantitatif ini terdiri dari barisan dan deret. Barisan adalah perbandingan antara satu suku dengan suku sebelumnya, rumus barisan dilambangkan dengan Un. Deret adalah jumlah suku-suku dalam suatu barisan geometri, rumus deret geometri dilambangkan dengan Sn.

Soal materi pola bilangan dapat berupa deretan angka atau soal cerita. Oleh karena itu perlu kejelian untuk membedakan mana yang harus diselesaikan dengan rumus barisan dan mana yang menggunakan rumus deret.

5. Statistika

Biasanya soal statistika berupa sekumpulan data yang kemudian harus diselesaikan menggunakan rumus statistika. Mencari rata-rata atau mean, modus, kuartil, jangkauan adalah pertanyaan yang umum tentang statistika. Meskipun rumus statistika terlihat rumit tetapi  soal TPS kuantitatif biasanya akan menggunakan rumus-rumus sederhana sehingga dapat dikerjakan dengan mudah.

6. Persamaan dan Pertidaksamaan

Materi matematika dasar ini telah dipelajari sejak tingkat Sekolah Dasar dan hampir selalu ada di setiap soal matematika dasar. Karakteristik persamaan adalah mempunyai tanda sama dengan (=) sedangkan pertidaksamaan akan ditandai dengan < atau >.

7. Geometri

Materi geometri terdiri dari sudut, bangun ruang dan bangun datar. Sehingga soal yang biasa muncul dapat diselesaikan menggunakan rumus keliling, luas atau isi sebuah bangun. Beberapa soal trigonometri sederhana mungkin akan ditemukan begitu juga dengan hubungan kuadran.

Demikianlah materi TPS kuantitatif yang harus dikuasai karena sering muncul dalam soal-soal ujian  jika dibandingkan dengan materi lain. Tanpa mengabaikan materi lainnya yang tentunya harus dipelajari juga tetapi apabila kelima materi tersebut dikuasai, kemungkinan untuk lulus TPS Kuantitatif semakin besar.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.