Penyebab Oli Power Steering Bocor Pada Mobil

oli power steering bocor

Oli Power Steering Bocor – Masalah seperti oli power steering bocor pasti tidak asing terjadi pada pemilik mobil khususnya, diantaranya terkadang belum menyadari dan sebagian lagi tidak peduli. Kebocoran pada oli power steering ini tidak boleh dianggap remeh. Sehingga tidak menyebabkan masalah lain yang tentunya akan menambah kerusakan pada mobil yang digunakan.

Oli power steering sendiri adalah alat yang digunakan untuk mempermudah daya gerak dan mobilitas pengemudi serta meminimalisir tenaga yang dikeluarkan pengemudi mobil. Sehingga disini terlihat betapa penting fungsi dari oli power steering ini terhadap kinerja sebuah mobil. Berikut penyebab bocornya oli power steering pada mobil dan bahaya yang diakibatkan:

Penyebab Bocornya Oli Power Steering pada Mobil

Power steering yang bocor ditandai dengan adanya tetesan oli pada bawah mesin, hal ini menjadi tanda mengenali power steering yang bocor pada mobil. Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mengganti dengan yang baru, agar meminimalisir bertambahnya kerusakan pada mobil tersebut. Berikut ini 3 penyebab power steering pada mobil mengalami kebocoran:

1. Keretakan Pada Selang

Salah satu yang menjadi penyebab oli power steering bocor adalah keretakan pada selang power steering. Keretakan power steering ini sebenarnya berasal dari panas yang diterima oleh seling dan tidak terkontrol. Penyebab lainnya adalah selang ini sudah aus dimakan usia, dikarenakan usia mobil yang sudah tua juga berpengaruh pada keretakan selang.

Baca juga : Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor

Baca Juga:  Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor, Dijamin Menyala Kembali

Perlu diketahui akibat dari panas dan juga aus pada selang power steering mobil, akan menyebabkan keretakan pada selang. Berdasarkan hal tersebut akan muncul tetesan oli, oli yang menetes ini berarti power steering mengalami retak dan bocor. Intensitas tetesan bisa dilihat pada lantai tempat parkir mobil tersebut akan tampak bercak-bercak oli yang menetes.

2. Seal Steering Rack yang Bocor

Tetesan oli dari retaknya selang ini nantinya akan menuju pada rem mobil tersebut, yang biasa disebut dengan seal steering. Sehingga kebocoran pada seal steering ini nantinya berpengaruh pada rem dan kegunaanya. Caranya mudah untuk mengetahuinya dengan mencoba menggerak – gerakkan setir ke kanan dan ke kiri.

Apabila ada tetesan oli yang jatuh dan merembes maka itulah pertanda seal steering rack bocor. Adapun hal yang bisa ditempuh adalah seminimal mungkin tidak memperparah rusaknya dengan membiarkannya. Segera untuk bawa mobil ke bengkel untuk langsung mendapatkan penanganan.

3. Kendor pada Klem Selang

Pemasangan power steering ini berhubungan dengan klem pegas, klem pegas ini juga biasa disebut dengan istilah klem sekrup. Perlu diperhatikan adalah klem pegas ini bisa saja aus, tipis dan retak akibat sering digunakan dan usia yang sudah lama. Klem pegas yang mengalami aus dan ukurannya menjadi tipis menyebabkan klem kendor.

Baca juga : Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor

Fungsi klem pegas yang seharusnya menjadi penahan akan hilang dan menyebabkan oli power steering bocor dan mengalami dislokasi. Memperbaikinya bisa dengan mengganti klem pegas yang sudah aus tersebut, bisa diganti dan dibawa ke bengkel terdekat. Pembenahan yang lainnya adalah dengan menggeser posisi klem agar pas dan kinerja yang dihasilkan kembali optimal.

Baca Juga:  5 Tips Memilih Knalpot Racing Yang Tidak Merusak Mesin Motor

Bahaya Oli Power Steering Yang Mengalami Bocor

Setelah mengetahui beberapa penyebab oli power steering mengalami kebocoran, maka disini ada bahaya yang didapatkan apabila power steering dibiarkan rusak. Sehingga apabila mendapati oli power steering bocor untuk segera diperbaiki dan diganti, jangan tunggu sampai masalah lain muncul. Beberapa bahaya oli steering yang bocor dapat mengakibatkan beberapa masalah yakni sebagai berikut:

  • Setir akan terasa berat saat dibelokkan ke kanan dan ke kiri.
  • Terdengar suara kasar saat membelokkan setir yang berasal dari pompa power steering.
  • Menyebabkan munculnya suara mendengung pada saat membelokkan stang atau stir.

Kesehatan komponen mobil termasuk oli power steering ini sebaiknya tidak diabaikan. Bisa dikatakan oli power steering ini menjadi bagian penting dalam sebuah mobil. Sehingga perlu untuk diperhatikan dan diganti apabila telah mengalami aus dan kerusakan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *